Selamat Datang dirumah Bass Marlin Goesty Bass Marlin (KKM KM.Marlin): Cara Pemakaian Jaring Millenium

KM.Marlin

KM.Marlin
KM.Marlin Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan Banyuwangi

Senin, 08 Mei 2017

Cara Pemakaian Jaring Millenium

Teknologi penangkapan ikan di daerah dilakukan dengan beberapa cara, mulai menggunakan jaring insang maupun trawl mini. Kondisi sumberdaya ikan di perairan tangkapan mulai minim, membuat nelayan berpikir untuk menyiasati kondisi yang demikian. Penyiasatan yang dilakukan bermacam-macam, mulai pengiritan bahan bakar, menekan biaya operasional sampai pemanfaatan alat tangkap yang optimal.

        Nelayan di daerah mulai menemukan teknologi penangkapan yang efisien sejak tahun 1999 dengan nama jaring millenium. Penemu alat tangkap jaring millenium ini adalah H. Chartisah, dari lndramayu. Jaring millenium atau yang biasa disebut jaring inul merupakan salah satu dari jenis alat tangkap gillnet. Jaring millenium merupakan modifikasi gil net multy filament dan mono filament sehingga disebut Jaring millenium dengan bahan nylon multy filament twine (Benang nylon multifilament) untuk menangkap ikan dengan prinsip penangkapan ikan melalui tersangkutnya insang ikan pada jaring.Pemberian nama millenium dikarenakan didalam perairan jaring ini memantulkan cahaya dan berwarna blink atau mengkilat. Namun ada juga yang mengatakan pemberian nama millenium karena ditahun itu masyarakat Indonesia memasuki era millenium.


          Jaring millenium ini, banyak digunakan oleh nelayan pantura, keuntungan dari jaring milenium ini adalah: tidak mudah tersangkut, umumya relatif lama bisa sampai 10-12 tahun, dan perawatannya mudah, selain itu sejak memakai jaring milleium ini pendapatan nelayan rata-rata meningkat secara signifikan. Jaring millenium juga tidak dapat kusut dibandingkan dengan jaring mono, selain itu jaring mono cepat rusak. Harga jaring millenium adalah Rp 7.200,- per Kg. 1 tali jaring adalah 8-10 senar (poli) orang lndramayu banyak menyebutkannya dengan fly. Ukuran 1 senar ukurannya 0,2 dim. Jaring millenium ini dari pabrik sudah dibuat jadi dengan berbagai ukuran mulai 3-4 inch mata jaringnya, jadi nelayan tinggal menentukan tali risnya dari bentuk mentang, agak ngantong atau tegak. Pabriknya ada di Cirebon dan Bandung. Jaring millenium ini punya beberapa larangan, supaya agar tetap awet, yaitu tidak boleh kena minyak apapun, dan tidak boleh kena sinar matahari langsung, sehingga apabila tidak dipakai jaring ini biasanya langsung ditutupi dengan terpal.

   Apa yang membedakan jaring milenium dengan jaring gillnet pada umumnya ? Perbedaannya yakni terletak pada benang pada badan jaringnya. Jaring millenium menggunakan PA Mono-Multifilament yakni pada badan jaring, benang yang digunakan adalah dengan benang nilon monofilament dengan diameter kecil lalu benang monofilament tersebut dipilin dengan monofilament lainnya sehingga diameter benang pun jadi lebih besar karena dalam badan jaring, biasanya terdapat 10 pilinan dari benang monofilament.

        Jaring millenium ini ketika dioperasikan di dalam air, benang pada badan jaring akan membuka pilinannya karena faktor arus, sehingga ikan target ketika menabrak jaring, ikan yang tertangkap tidak hanya terjerat pada bagian insang saja, tetapi juga bagian duri, sirip, operkulum, dan sebagainya karena menyangkut ke dalam benang pilinan yang terbuka, sehingga ikan mudah tertangkap.

Kelebihan jaring millenium :
1. Jaring lebih tahan lama dibandingkan Jaring insang lain
2. Pada saat melakukan hauling jaring lebih ringan karena tidak menyimpan air
3. Hasil tangkapan lebih maksimal karena peluang ikan untuk lepas lebih kecil
4. Dapat dipakai bahan untuk penangkapan ikan permukaan maupun ikan dasar
5. Ramah lingkungan

Merakit Jaring Milenium


A. Bahan :




 Jaring

        Bahan yang dipergunakan untuk merakit disesuaikan dengan besar ikan yang menjadi target penangkapan, misalnya dengan ukuran besar ikan rata-rata 1 ekor dengan beratnya 1 kg, panjang ikan adalah 40 cm sehingga ukuran besar mata jaring yang dipakai adalah ukuran mata jaring yang sesuai dengan ukuran ikan dimaksud. Penentuan ukuran mata jaring menurut species ikan dalam rumus ”Fridman” disebutkan perbandingan antara lingkar body atau panjang ikan yang akan ditangkap dengan ukuran mata jaring dengan pendekatan rumus sebagai berikut:


O M = L (Ikan) / k
Dimana:
            OM : Lebar pembukaan mata jaring
            L     : Panjang ikan rata-rata yang akan ditangkap
            k     : Nilai koefisien menurut species
                        k   = 5   (untuk ikan yang panjang dan pipih)
                        k   = 3,5 (untuk ikan berukuran sedang)
                        k   = 2,5 (untuk ikan yang besar, lebar atau tinggi)
Sehingga: OM : 40 cm/3,5 = 11,423 cm /2,5 cm= 4,572 inc (Ukuran mata jaring dapat digunakan ukuran 4 inc atau 5 inc.
Bahan jaring milleniun yang dipilih misalnya 5 inc yaitu bahan mono multi filament dengan data jaring terdapat pada label dalam kemasan sebagai berikut:
Ukuran mata jaring            : 5 Inc (12,5 cm)
Nomor jaring                     : 0,02 X 10 ply (1 benang terdiri dari 10 serat @.0,02 mm)
Panjang jaring/mesh legth  : 100 Yard (1 yard = 91,44 cm) = 91,44 mtr
Dalam/mesh depth             : 60 mata jaring (1 mata = 5 inchi =12,5 cm) = 7,50 mtr
Hanging/bukaan mata jaring: 60 % X 91,44 mtr = 54,864 mtr penggenapan 55 mtr.

 Tali ris.

> Tali ris bagian pelampung terdiri dari 2 utas tali dapat menggunakan ukuran diameter yang sama yaitu 5 mm, tali bagian atas tempat memasukkan pelampung dan bagian tali yang bawah tempat memasukkan jaring utama. Panjang tali ris pelampung 56 meter (Panjang tali ris 55 + 1 mtr untuk penyambung)) dengan diameter 5 mm dari bahan polyethilene (PE), (PA), kuralon.

          >  Tali ris bagian pemberat juga terdiri dari 2 utas dengan diameter yang berbeda yaitu 4 mm tali bagian bawah tempat memasukkan pemberat dan yang bagian atasnya tempat memasukkan bagian jaring utama. Panjang tali ris pemberat sama dengan ukuran tali ris pelampung yaitu 56 meter.


 Pelampung.

Pelampung Y. 8 terbuat dari bahan Polyvinyl Chlorida (PVC):
- Ukuran panjang pelampung              : 15 cm.
- Garis tengah luar                             : 3 cm.                       
- Garis tengah lubang                         : 1 cm.
- Daya apung                                    : 80 gr.
- Jumlah pelampung                             : 61 buah.


 Pemberat.

Pemberat terbuat dari timah hitam yang telah dicetak oleh pabrik:
- Berat                      :25 gr
- Panjang                  : 1,5 cm
- Diameter luar          : 6 mm
- Diameter dalam       : 3 mm
- Jumlah                   : 61 bh
- Jarak                      : 90 cm

B. Alat bantu yang dibutuhkan :

·         Coban.
          Terbuat dari bahan plastik, gunanya untuk tempat menggulung benang yang    
     dipergunakan untuk mengikat tali ris.

·         Pisau lipat
·         Gunting
·         Meteran

C. Cara merakit jaring millenium :

        Cara merakit jaring dimulai dari membuka gulungan tali, menarik kuat tali untuk menghilangkan putaran tali,pemasangan bagian pelampung,tali ris,badan jaring pengikatan kod/kock pada tali ris dilanjudkan dengan pemasangan bagian pemberat, tali ris badan jaring pengikatan kod pada tali ris pemberat dan terakhir memasang tali samping jaring dengan langkah langkah sbb:

 Memasang pelampung dan tali ris
Untuk memasang pelampung dan tali ris, pertama sekali tali dibuka dari rol atau gulungan, kemudian ditarik panjang dan ditarik sekuatnya agar tali menjadi kaku dan putarannya hilang. Panjang tali ris 56 meter terdiri dari 2 utas:
- Tali ris yang satu dimasukkan ½ mata arah panjang jaring.
- Tali ris kedua dimasukkan pelampung sebanyak 61 buah (Jarak 90 cm).
- Ikatan pertama diikatkan dengan mengikat kedua tali ris dan 1 mata jaring.
- Ukur jarak 30 cm, masukkan 1 buah pelampung dan 4 mata jaring, ikat erat.
- Ikatan berikutnya 30 cm dengan 4 mata jaring, ikatan ketiga diikat pelampung.

 Memasang pemberat dan tali ris
     Untuk memasang pemberat dan tali ris yaitu tali dibuka dari rol atau gulungan, kemudian ditarik panjang dan ditarik sekuatnya agar tali menjadi kaku dan putarannya hilang.
- Tali ris pertama dimasukkan kemata jaring
- Tali ris kedua dimasukkan pemberat sebanyak 61 buah
- Ikatan pertama diikatkan dengan pemberat dan 4 mata jaring dengan jarak 30 cm
- Ikatan berikutnya 30 cm dengan 4 mata jaring
- Ikatan ke 3 dengan 30 cm, 4 mata jaring, dan seterusnya hingga jarak 90 cm diikat
   pemberat.

 Memasang tali samping
                Setelah selesai pemasangan atau pengikatan bagian pelampung dari awal hingga akhir demikian juga bagian pemberatnya maka untuk memberi kekuatan di sisi awal jaring maupun sisi akhir jaring perlu dibuat tali ris samping. Panjang tali ris samping diukur dengan cara mengikuti dalam jaring setelah dipasang bagian pelampung dan bagian pemberatnya.

Pengalaman dari nelayan pengguna jaring millenium


                Ukuran mata jaring sesuai dengan keinginan nelayan. Kebanyakan nelayan menggunakan ukuran mata jaring 4 inch, dengan simpul 2. Jaring melayang biasanya satu piecenya rata-rata sampai 200 meter dengan 210 mata. Sedangkan yang jaring dasar dengan panjang 200 meter, dengan 105 mata. Apabila jaring agak tegak maka yang dijaring biasanya jenis ikan cucut, tetapi apabila jaringnya mentang yang didapat biasanya jenis ikan tenggiri. Panjang keseluruhan jaring millenium ini biasanya sampai 6000 meter, lebar jaring ini biasanya 8 depa atau 12 meter.

          Cara Pemakaian Jaring Millenium

                Cara pemakaian jaring millenium tidak begitu berbeda dengan jaring insang atau gill net. Pengoperasian jaring millenium biasanya dilakukan pada sore sampai malam hari. Diupayakan agar jaring ini dalam pengoperasiannya tidak terkena minyak.

                Harapan dengan memiliki keterampilan merakit jaring insang :
1. Dengan memiliki keterampilan merakit insang ini dapat menghemat biaya perakitan.
    2. Dengan memiliki keterampilan merakit jaring ini dapat dijadikan lapangan kerja baru.

                Demikian info yang saya buat dan saya dapatkan dari berbagai unsur tentang teknologi perikanan, smoga bermanfaat. Bravo Perikanan Indonesia.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar